Sekresi Lambung.,.,

Sekresi dari getah lambung diatur oleh mekanisme syaraf dan hormonal. Impuls parasimpatis yang terdapat pada medulla dihantarkan melalui syaraf vagus dan merangsang gastric glands untuk mensekresikan pepsinogen, asam klorida, mukus, dan hormon gastrin.
Ada tiga faktor yang merangsang sekresi lambung, yaitu : fase sefalik, fase gastrik, dan fase intestinal.

Fase (refleks) sefalik

Fase ini muncul sebelum makanan masuk ke lambung dan mempersiapkan lambung untuk mencerna. Penglihatan, bau, rasa dan pikiran tentang makanan merangsang refleks ini. Impuls syaraf dari cerebral korteks atau feeding centre di hipotalamus mengirimkan impuls ke medulla oblongata di otak kemudian medulla oblongata menyampaikan impuls melalui serabut parasimpatis pada syaraf vagus untuk merangsang sekresi dari kelenjar.

Fase Gastrik

Terjadi ketika makanan memasuki lambung. Semua jenis makanan menyebabkan penggelembungan (distension) dan merangsang reseptor yang terdapat pada dinding lambung. Reseptor mengirim impuls ke medulla  kelenjar lambung  merangsang sekresi dari getah lambung.
Protein dan kafein yang tercerna sebagian merangsang mukosa pilorus untuk mensekresikan hormon gastrin, selanjutnya hormon gastrin merangsang kelenjar lambung untuk mensekresikan getah lambung
Kelenjar lambung yang merangsang sekresi sejumlah besar getah lambung, juga menimbulkan kontraksi lower esophageal spinchter dan ileocecal spinchter. Sekresi gastrin terhalang saat pH cairan lambung (HCl) mencapai 2.0. Mekanisme negative feedback ini membantu menyediakan pH optimal untuk memfungsikan enzim-enzim di perut.

Fase Intestinalis

Fase ini terjadi saat makanan meninggalkan lambung dan memasuki usus halus. Saat protein yang telah tercerna sebagian memasuki duodenum, protein ini merangsang lapisan mukosa pada dinding duodenum untuk melepaskan enteric gastrin, hormon yang merangsang kelenjar gastrik untuk melanjutkan sekresi.

(sumber : okhealth.blogspot.com)

Iklan

10 Komentar (+add yours?)

  1. putri,,
    Des 05, 2009 @ 11:26:15

    hay, salm kenal..
    owy, aku ada tugac biologi nih..
    semua materi tentang sekresi tapi aku gak tau sama sekali.
    tolongin dnk,, sekresi yang spesifiknya.. thx,,

    Balas

  2. princerioz
    Des 05, 2009 @ 14:40:19

    hi putri,.

    hmm kalo definisi sekresi :

    Sekresi adalah suatu proses pengeluaran zat berbentuk cairan oleh sel – sel tubuh atau kelanjar yang mana cairan tersebut masih dimanfaatkan oleh tubuh untuk proses metabolisme.

    Contoh sekresi ya seperti sekresi getah lambung, sekresi enzim, sekresi air liur, dan lain-lain.,,. kamu kepingin taw mekanisme nya atau?? hehe maaf, kurang jelas requestnya,., thanks,.,

    Balas

  3. rhee
    Okt 08, 2010 @ 13:11:26

    Hallo….. salam kenal
    aq mau minta tolong donk !!!
    tolong dijelaskan secara rinci contoh sekresi ?????
    sebelumnya makasih……….

    Balas

  4. sosa
    Jul 17, 2011 @ 17:31:52

    Thanks yaa 😀 Berguna banget nih. Sekali lagi Thanks 😀

    Balas

  5. Widya Ningsih
    Jul 19, 2011 @ 00:03:10

    Thanx iyya ataS InfoRmasinya Mngenai SkResi .
    🙂

    Balas

  6. khoiri Nugraheni
    Jul 26, 2011 @ 19:38:11

    bisa di jelasin gg,, ttg penyakit yg menerang organ2 sekresi itu ap aja?

    Balas

  7. fajriana
    Nov 14, 2011 @ 19:54:30

    hi
    bisa dijelasin tentang proses pengeluaran getah empedu dan pankreas???
    tq…

    Balas

  8. nayla
    Des 31, 2012 @ 11:21:41

    pH asam lambung yang aman kira-kira di kisaran berapa ya gan?
    trus untuk menjga keasaman agar ideal bagaimana caranya dan makanan apa saja yang bisa untuk kasus tersebut?
    makasihhh

    Balas

  9. Saya mutia
    Des 27, 2016 @ 16:25:07

    BAGI YANG MASIH BR MASALAH DNG PENYAKIT YANG SPRTI YANG SUDAH DI JELASKAN DI ATAS , SAYA REKOMENDASI KAN COBA BROBAT KE DOKTER YUSUF , INSYAH ALLAH BISA LEKAS PULIH DAN SEHAT, KAMI SUDAH MENCOBA SEGALA MACAM PENGOBATAN TAPI TAK ADA HASIL, TAPI BARU SEMINGGU BROBAT KE DOKTER YUSUF SUDAH DA KEMAJUAN DAN PRUBAHAN POSITIF, CUKUP MINUM OBAT DAN IKUTI SARAN DARI BELIAU SEKARANG SUDAH SEMBUH TOTAL, ALHAMDULILLAH…SEGERA LAH BROBAT KE DOKTER YUSUF INSYAH ALLAH BISA LEKAS SEMBUH, NO HP BELIAU 085361675232.
    COBA TELP ATAU WA BELIAU..SEMOGA BR MANFAAT

    Balas

  10. munaya akifa
    Jan 11, 2017 @ 10:51:59

    Saya dulu penderita isopagitis gread A dan sekarang saya sudah sembuh selama brobat ke dokter yusuf,fuji sukur kepada allah swt akhir nya saya sudah sembh stelah sekian lama brobat ke rumah sakit, akhir nya saya sudah sembuh setelah brobat ke dokter yusuf. Buat yang belum sembuh coba brobat ke beliau insyah allah akan segera pulih sakit lambung nya…no hp dan washapp beliau 0853-6167-5232

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s