Fakta kah? Mitos kah?

“Makan malam sebelum tidur membuat kita gemuk”
Mitos atau fakta?


Fakta, sebenarnya waktu tidak ada pengaruh. Jam berapapun kita makan dan langsung pergi tidur, kalori akan menumpuk karena tidak digunakan oleh tubuh. Sebagian besar ahli setuhu bahwa berat badan akan berambah saaat kita mengkonsumsi jumlah kalori yang lebih banyak daripada jumla kalori yang kita bakar. Walaupun Kelihatan ada logikanya bahwa makan pada siang hari akan lebih cepat dicerna dan lebih efisien daripada makanan yang kita konsumsi tepat sebelum tidur. jarak antara waktu makan terakhir dan tidur juga harus diperhatikan agar metabolisme tubuh bisa mengolah makanan secara baik. Yang dijadikan patokan adalah jarak bukan aturan makan sebelum jam tujuh malam. Minimal, makanlah 2-3 jam sebelum tidur malam, sebab ketika tidur metabolisme tubuh langsung melambat 50 persen dibanding saat terjaga . Apalagi, semakin malam metabolisme tubuh semakin melambat.

“Mandi malam dapat menyebabkan rematik”

Mitos atau fakta


Mitos, fakta yang sebenarnya terjadi, mandi pada malam hari akan memicu rasa nyeri pada sendi yang telah terserang rematik, karena kapsul sendi akan mengkerut setiap tersiram air dingin. Bila penderita rematik menggunakan air hangat, rasa sakit itu justru akan berkurang. Sebaliknya, rematik disebabkan oleh konsumsi makanan-makanan seperti jeroan, seafood dan minuman beralkohol yang dapat memicu purin atau bahan yang akan diubah menjadi asam urat.

“Minum es saat hamil dapat menyebabkan bayi besar.” Mitos atau fakta?


Mitos, faktanya yang menimbulkan masalah adalah kalau ibu hamil banyak minum-minuman yang serba mengandung gula, seperti es doger, es campur, es teler dan sebagainya. Jika ibu hamil sering minum es yang banyak mengandung gula, bisa jadi bayi akan besar karenan kalori yang dimakan ibu menjadi lebih banyak. Hal ini juga dapat menyebabkan ibu menderita diabetes gestasional.

sumber: perapera news

3 Komentar (+add yours?)

  1. kyuutaro
    Jul 13, 2010 @ 20:45:07

    soal yang makan sebelum tidur…

    faktanya saya makan hampir selalu jam 10 malem tetep kurus😆

    Balas

    • princerioz
      Jul 13, 2010 @ 21:26:00

      cc kyuutaro., ehh cc pa bukan ya?? 8o,.,🙂,., btw kalo soal kurus atau gemuk secara hasilnya memang banyak faktornya,., mungkin cc waktu makan jam 10 malam sebelumnya belom makan(jarak makan dengan sebelumnya panjang) sehingga tubuh juga perlu bermetabolisme lebih besar sehingga akan mengganggu mekanisme tubuh yang lain (seperti toksifikasi di malam hari),. dan juga kalo soal gemuk mungkin cc adalah tipe orang yang ga gampang gemuk, karena setiap orang mempunyai jumlah sel lemak yang berbeda-beda,. sel lemak ini mempunyai kantong untuk menyimpan sel lemak,. pada kasus orang gemuk mempunyai jumlah sel lemak lebih banyak sehingga mereka gampang menyerap makanan ke dalam kantung tersebut,.alhasil mereka gampang gemuk, begitu juga sebaliknya,., btw makasih sudah maw mampir,.,🙂

      Balas

  2. Electrogenesys
    Okt 06, 2010 @ 21:21:13

    wah ini dia fringe science…. ungkap keanehan didunia lagi bang!!!!OK

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s